Rabu, 29 Juni 2011

Waspada, Oknum Wartawan Bergaya Polisi

WASPADA, OKNUM WARTAWAN BERGAYA POLISI


Majalengka Nuasa Metro,

Sejumlah oknum wartawan yang gayanya seperti polisi yang melakukan introgasi atau pemeriksaan terhadap seseorang tersangka criminal, kini menjadi sorotan dan ejekan sementara pejabat bahkan bahkan tertawaan masyarakat.

Betapa tidak, masyaraat pun tahu bahwa petugas wartawan tidak lain melakukan investigasi, mengumpulakan data fakta. Oknum wartawan ini mendatangi seseorang mirip polisi langsung mengintrogasi memojokan. Bahkan membentak-bentak yang diwawancarai, ditambah sepak terjangnya yang seram dengan pakaiana serba hitam seperti layaknya intel reskrim.

Sejumlah sumber yang dihimpun di seluruh wilayah Kabupaten Majalengka, baik pelajar, mahasiswa, masyarakat umum sudah tahu tentang kode etik jurnalistik baik yang diperoleh dari buku dan informasi langsung serta UU Pers No.40/1999, menyatakan sangat aneh apabila melihat sejumlah oknum wartawan yang bergaya seperti polisi.

Sementara pihak polisi segabai aparat penegak hukum menyatakan kepada Nuansa, akan siap membekuk mereka (Oknum Wartawan) tersebut kalau ada laporan dari masyarakat yang dirugikan.
Sementara menurut salah seorang wartawan dari surat kabar lokal (Haris-Red) kepada Nuansa mengatakan dengan adanya pemberitahuan tentang oknum wartawan bergaya seperti polisi, ia sangat setuju yang bersangkutan juga sangat membenarkan mereka bekerja seperti layaknya polisi.

 “Hal seperti itu jelas mencemarkan kredibilitas wartawan, bahkan secara tidak langsung masyarakat yang awam menilai dengan kedatangan oknum wartawan tersebut mereka mengira polisi yang datang,” ujarnya.

Di Kabupaten Kuningan sendiri dengan adanya pemberitahuan oknum wartawan bergaya seperti polisi masyarakat sangat berterimakasih, bahkan mereka sangat mencari oknum wartawan yang bergaya seperti polisi tersebut untuk dimintai pertanggung jawaban sehubungan dengan telah banyak korban yang telah dirugikan oleh oknum-oknum tersebut.

Hal serupa disambut baik oleh masyarakat yang ada di Kabupaten Ciamis dengan adanya pemberitaan surat kabar Nuansa Pos mereka siap memberantas oknum wartawan yang bergaya seperti polisi yang berpakaian serba hitam, dan bicara seperti layaknya seorang pemeriksa.

“Kami siap mencari mereka apabila mereka datang ke sejumlah sekolah dan desa dalam mencari mangsa,” ujar Heri seorang penduduk Kecamatan Panumbang Kabupaten Ciamis.(>>Asp*Tim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar